Uncategorized

Modal Ventura, Cara Lain Mendapatkan Modal Usaha

Memang jika membicarakan modal usaha, sepertinya tidak akan pernah ada habisnya. Ditambah lagi dengan semakin berkembangnya dunia digital yang dapat memenuhi berbagai kebutuhan masyarakat, khususnya yang tengah mengalami permasalahan finansial.

hadirnya lembaga pinjaman online yang tersebar luas di internet menjadi salah satu solusi paling praktis dalam memecahkan permasalahan finansial yang tengah dihadapi, termasuk permasalahan modal yang sering kali dialami oleh para pemula dalam membangun suatu bisnis.

Namun terkadang, keraguan masyarakat akan lembaga pinjaman online ilegal membuat banyak orang yang lebih nyaman mengajukan pinjaman dari bank dengan melalui persyaratan dan proses yang panjang dibandingkan melalui lembaga pinjaman online.

Nah, bagi kamu yang sedang membutuhkan modal usaha namun ragu untuk melakukan pinjaman baik ke bank ataupun ke lembaga pinjaman online, sekarang tidak perlu khawatir lagi. Karena ada cara lain yang bisa kamu lakukan, yaitu melalui modal ventura.

Apa itu modal ventura?

Modal ventura merupakan penanaman modal yang dilakukan oleh para investor terhadap suatu perusahaan. Namun biasanya, penanaman modal ini hanya diberikan kepada perusahaan yang baru merintis atau masih berstatus start up.

Jika perusahaan yang memiliki suntikan modal tersebut berhasil berkembang menjadi besar, maka sang investor atau penanam modal akan mendapatkan keuntungan dari pembagian laba perusahaan.

Langkah untuk mendapatkan modal ventura

1. Mendatangi event pameran start up atau UKM

Di event ini, biasanya akan terdapat banyak sekali perusahaan-perusahaan rintisan atau start up yang akan hadir. Selain itu, disini pula akan terdapat banyak calon investor atau pemburu perusahaan start up yang tengah mencari perusahaan yang tepat untuk diberikan suntikan modal.

Nah, disinilah kamu bisa memiliki kesempatan untuk turut berburu para penanam modal. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan relasi sekaligus pengetahuan tambahan bisnis rintisan dan tips cara membuat proposal usaha dan perencanaan bisnis yang baik dan benar.

2. Mengajukan rencana bisnis

Setelah kamu bertemu dengan calon investor dan menambah wawasan di event pameran, saatnya kamu mulai mempraktekan ilmu pengetahuan yang kamu dapat dengan merancang rencana bisnis. Perencanaan bisnis tentu akan memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap keputusan investor, apakah mereka bersedia menanamkan modal ke perusahaan kita atau tidak.

Oleh karena itu, cobalah untuk membuat business plan yang menarik dan menonjol untuk menarik minat investor. Setidaknya terdapat 3 syarat dalam merencanakan sebuah business plan yang baik, yaitu:

  • Menggunakan bahasa yang baik dan benar, namun juga mudah dipahami
  • Konten yang singkat, padat dan jelas
  • Mengandung data-data yang akurat dan terbukti validitasnya

3. Due diligence

Mungkin ini merupakan tahap yang paling menegangkan dan penentu. Karena di tahap inilah proposal business plan yang telah kamu ajukan akan diuji oleh investor secara langsung. Waktu yang diperlukan pun dalam tahap ini juga tidak sebentar.

Dan yang paling menegangkan, walaupun kamu sudah menghabiskan begitu banyak waktu, tenaga, dan biaya, belum tentu investor memutuskan untuk menanamkan modal di perusahaan yang tengah kamu rintis.

4. Penandatanganan perjanjian

Setelah melalui 3 proses yang panjang, inilah hasil akhir yang akan kamu dapat, yaitu penandatanganan investasi dan kerja sama antara kamu dan investor. Selain penandatanganan, pemilik proposal dan pemodal juga akan menyelesaikan masalah administrasi dan legalitas yang kemudian akan dilanjutkan dengan pemberian dana oleh investor melalui transfer yang bisa digunakan untuk membesarkan bisnis yang sedang dijalani.

Walaupun melalui proses yang cukup panjang, mendapatkan modal melalui jalur ini sangatlah terjamin dan terpercaya. Jika berhasil, tentu bisnis yang tengah kamu rintis tidak menutup kemungkinan akan berkembang menjadi semakin besar.

Dalam mencari investor, memang terdapat perusahaan yang bergerak di ventura capital (VC) yang memang menyuntikan modal kepada perusahaan-perusahaan start up. Nah, bagi kamu yang ingin mencoba cara lain dalam mendapatkan modal, tidak ada salahnya untuk mencoba langkah modal ventura ini.

Mau tahu perusahaan-perusahaan VC di Indonesia mana saja yang telah memiliki izin resmi dari OJK? Kunjungi saja https://www.cekaja.com/info/dana-usaha-modal-ventura/

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *