info dan tips

Inilah Beberapa Cara Meningkatkan Skor Kredit Anda

Memahami cara meningkatkan skor kredit sangat penting bagi Anda yang sering menikmati fasilitas kredit milik lembaga keuangan. Memang, produk kredit pilihannya sangat beragam dengan berbagai keuntungan yang menggiurkan. Bahkan, proses pengajuannya pun sekarang lebih dipermudah dengan munculnya fintech di era digital ini. Tidak salah jika banyak orang berbondong-bondong mengajukan permohonan kredit pada lembaga keuangan.

Nah, ada baiknya jika Anda mengecek dulu skor kredit Anda di Sistem Lembaga Informasi Keuangan (SLIK) yang dinaungi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sebelum mengajukan kredit. Skor tersebut biasanya akan digolongkan ke dalam 5 golongan, mulai dari golongan kolektibilitas 1 hingga kolektibilitas 5. Semakin tinggi golongannya, semakin baik reputasi Anda.

Anda patut bernapas lega jika skor Anda berada di dalam kolektibilitas 1. Artinya, Anda memiliki rekam jejak yang bersih dan tidak bermasalah. Kredit Anda lancar sehingga besar kemungkinan Anda tidak akan menghindari tenggat waktu pembayaran angsuran saat menjalani kredit yang baru.

Sebaliknya, jika nilai Anda rendah, artinya Anda tidak dipercaya oleh lembaga keuangan karena banyaknya masalah kredit yang dimiliki. Misalnya, Anda sering telat membayar tunggakan sampai dengan jangka waktu lama. Kondisi ini biasanya dikenal dengan sebutan kredit macet.

Nah, berarti jelas bahwa skor kredit sangat terpengaruh oleh riwayat kolektibilitas Anda. Maka dari itu, jika ingin meningkatkan skor kredit, Anda harus menaati tenggat pembayaran angsuran sesuai dengan tenor yang telah disepakati di awal. Bukan hanya itu, ada beberapa hal lagi yang harus Anda perhatikan untuk meningkatkan skor kredit Anda. Mari simak penjelasannya berikut ini.

Kenali Produk Kredit Anda

Produk kredit harus disesuaikan dengan kebutuhan serta kemampuan Anda. Jika Anda asal memilih produk kredit tanpa betul-betul tahu informasinya, bisa-bisa Anda merugi di kemudian hari karena tidak sanggup membayar atau tidak mendapatkan manfaat kredit secara maksimal. Otomatis, skor kredit pun akan ikut merosot drastis. Daripada menambah beban di akhir, lebih baik waspada di awal, kan?

Perhatikan Jarak Waktu Antara Tiap Kredit

Memiliki lebih dari satu kredit dengan kolektibilitas lancar memang sangat berpengaruh pada peningkatan skor kredit. Akan tetapi, pastikan Anda memilih jarak waktu ideal antara produk-produk kredit yang Anda gunakan. Contohnya, Anda ingin mengajukan kartu kredit dan Kredit Tanpa Agunan (KTA). Anda harus pilih salah satu terlebih dahulu, misal kartu kredit. Setelah menjalani kartu kredit selama 6 bulan, baru Anda mengajukan produk kredit yang lainnya, yaitu KTA. Selama masa tenggang tersebut, pastikan kolektibilitas tetap lancar agar tingkat kepercayaan bank terhadap Anda bisa meningkat.

Intinya adalah bijak dan cerdas dalam menggunakan produk kredit yang disediakan oleh lembaga keuangan mana pun. Selama Anda menaati peraturan, Anda akan terbebas dari masalah kredit yang bisa memengaruhi tingkat skor kredit Anda. Untuk informasi lebih jelas dan detail mengenai skor kredit, Anda bisa mengunjungi https://www.cekaja.com/info/skor-kredit/. Selain belajar, Anda juga bisa mengajukan pinjaman ke Cekaja.com, lho!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *